Imam Hasanuddin (Contac Person +62823 - 3132 - 0823

My photo
lumajang, lumajang/jawa timur, Indonesia
STIE WIDYAGAMA LUMAJANG

Tuesday 14 July 2020

TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA


TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA

Teknologi informasi muncul sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi dalam kehidupan organisasi, semakin kerasnya persaingan bisnis, semakin singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan, serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk mengantisipasi semua ini, perusahaan mencari terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Semula teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemrosesan data. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi.
Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. Selanjutnya, teknologi informasi dipakai dalam sistem informasi organisasi untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan. Ada berbagai macam sistem informasi dengan menggunakan teknologi informasi yang muncul, antara lain Electronic Data Processing Systems, Data Processing Systems (DPS), Decision Support System (DSS), Management Information System (MIS), Executive Information Systems (EIS), Expert System (ES) dan Accounting Information System (AIS) (Bodnar, 1998). Saluran komunikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi adalah standard telephone lines, coaxial cable, fiber optics, microwave systems, communications satellites, cellular radio and telephone. Sedangkan konfigurasi jaringan yang dapat dipakai untuk berkomunikasi adalah Wide Area Network (WAN), Local Area Network (LAN), dan Client/Server Configurations (Romney, 2000).Teknologi akan terus berkembang. Teknologi informasi yang kuat akan menjadi competitive edge bagi perusahaan dan sekaligus menjadi entry barrier (Fasio, 1994). Bagi organisasi yang ingin maju dan berkembang, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi sepanjang hal itu dapat mempermudah perusahaan menyesuaikan diri dengan lingkungannya (Hanscombe, 1989).
PERKEMBANGAN SIA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI

Seiring dengan berkembangnya teknologi di era modern ini mengakibatkan segala sesuatu yang memungkinkan diatur secara teknologi diusahakan secara maksimal atau secara besar-besaran, dimana sistem kerja secara manual perlahan-lahan mulai tergeser dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Usaha manusia untuk memunculkan terobosan baru di bidang teknologi tentunya sangat mendukung proses kerja yang pada awalnya memerlukan waktu yang relatif lama menjadi dapat terselesaikan dengan waktu yang relatif singkat dengan hasil yang memuaskan, walaupun dengan teknologi yang modern pengeluaran atau biaya operasional yang diperlukan akan semakin banyak. Sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial.
Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang istilah data dan informasi dalam hubungannya dengan proses penyediaan informasi dalam masalah atau bidang sistem informasi akuntansi, berikut ini diberikan pengertian yang dapat di jabarkan melalui penulisan yang membahas tentang aplikasi sistem teknologi informasi terhadap sistem informasi akuntansi.  Sistem teknologi informasi terhadap sistem informasi akuntansi merupakan hal yang berguna
sebagai penunjang perkembangan sistem informasi akuntansi. Informasi akuntansi merupakan bagian yang terpenting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. Informasi akuntansi terutama berhubungan dengan data keuangan dari suatu perusahaan.
Umumnya laporan keuangan yang dihasilkan terdiri dari Neraca, Lapor
an Rugi-Laba, Laporan Perubahan Modal (Laporan Laba tak Dibagi), Laporan Perubahan Posis Keuangan atau Laporan Aliran Kas. Penggunaan teknologi informasi untuk pendekatan penyelesaian permasalahan yang berhubungan dengan akuntansi akan dapat mempermudah
proses-proses yang terkait dengan pengolahan data-data informasi, dalam hal ini transaksi-transaksi akuntansi. Pendekatan pemecahan masalah menggunakan sistem informasi akuntansi menggunakan perangkat keras (hardware) berupa perangkat komputer, dan menggunakan perangkat lunak (software) yaitu aplikasi-aplikasi yang sifatnya menunjang suatu sistem informasi akuntansi itu sendiri. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana cara untuk memaksimalkan suatu sistem informasi akuntansi untuk digunakan dalam suatu organisasi sehingga dapat dirasakan manfaat dari teknologi informasi itu sendiri. Adapun batasan masalah yang ada adalah siklus pemrosesan transaksi, penggunaan teknologi informasi dan pengembangan sistem akuntansi itu sendiri.
Informasi akuntansi merupakan bagian yang terpenting dari seluruhinformasi yang diperlukan oleh manajemen. Informasi akuntansi terutama berhubungan dengan data keuangan dari suatu perusahaan. Agar data keuangan yang ada dapat dimanfaatkan oleh pihak manajemen maupun pihak luar  perusahaan, maka data tersebut perlu disusun dalam bentuk-bentuk yang sesuai. Untuk dapat menghasilkan informasi yang sesuai, juga diperlukan suatu sistem yang mengatur arus dan pengolahan data akuntansi dalam perusahaan.Informasi akuntansi yang dihasilkan dari suatu sistem dibedakan menjadi dua, yaitu: informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan disusun terutama untuk menghasilkan informasi biasanya dalam bentuk laporan keuangan yang ditujukan pada pihak-pihak di luar  perusahaan.
Proses pengolahan data akuntansi akan dapat dilakukan dengan lebih cepat bila digunakan komputer. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang semakin maju, semakin banyak  perusahaan yang menggunakan jasa komputer untuk memproses data akuntansinya. Di satu pihak, komputer merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat dalam sistem informasi akuntansi. Tetapi di lain pihak diperlukan teknik-teknik pengawasan yang berbeda dengan yang digunakan dalam cara manual untuk menjamin ketelitian dan keamanan dalam memproses data dan menjaga harta milik perusahaan.


DISKUSI KELOMPOK KAMI
Apakah anda pernah membayangkan memiliki satu perangkat elektronik yang dapat melakukan sesuatu yang anda butuhkan? Pembuat telepon seluler di Jepang telah membuat sesuatu di luar tahap yang pernah dibayangkan orang. Telepon seluler di Jepang lebih fluktuatif dibandingkan sebelumnya. Model telepon seluler yang yang terbaru berisi segudang aplikasi dan dapat melakukan banyal hal seperti yang dapat dilakukan PC. PC juga dapat berfungsi sebagai telepon. Sebagian besar profesional menjual laptop mereka untuk komputer genggam. Produsen telepon seluler di Amerika Serikat dan di manapun dengan cepat  mengimbangi Jepang.
1.      Apakah aktivitas komersial yang dapat dilakukan dengan telepon seluler? Dengan perangkat kombinasi telepon seluler/PC? Apa yang akan anda lakukan dengan telepon seluler anda ?
Jawab : Telepon seluler pada dasarnya mempunyai fungsi utama yaitu berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dengan kita. Dengan populernya telepon seluler di zaman modern seperti ini tak heran perkembangan dan kemajuan teknologi semakin pesat manjadikan telepon seluler menjadi canggih. Pembuat telepon seluler semakin bersaing agar produk mereka bisa bersaing dan bisa diterima konsumen. Oleh karena itu, telepon seluler semakin diminati masyarakat modern dibandingkan PC karena lebih praktis dan canggih yang mempunyai segudang aplikasi didalamnya serta dapat mencetak file tanpa melelui PC. Fungsi telepon seluler kini dimanfaatkan untuk aktivitas komersial yaitu untuk bisnis dan promosi produk agar dapat menarik pelanggan. Oleh karena itu, semaksimal mungkin di manfaatkan dengan baik oleh semua pengguna seluler.
2.      Bagaimana bisnis dapat memanfaatkan teknologi untuk menarik lebih banyak pelanggan, menjual lebih banyak produk, mengiklankan produk mereka, memfasilitasi penjualan produk, melakukan dan mengelola bisnis mereka secara lebih efisien dan efektif?
Jawab : Di zaman modern seperti sekarang ini mayoritas masyarakat memiliki telepon seluler yang memungkinkan pengusaha mempromosikan produk mereka melalui aplikasi media sosial seperti : facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya yang terdapat di telepon seluler sehingga dapat menarik banyak pelanggan serta produk yang dipasarkan menjadi cepat dikenal konsumen. Dengan di promosikan produk di media sosial sangat menguntungkan para pengusaha karena biaya promosi dapat dikurangi sehingga pemasaran lebih efektif dan efisien.

3.      Apa saja permasalahan atau kelemahan yang anda lihat dengan menggunakan perangkat dalam bisnis?
Permasalahan dan kelemahan menggunakan perangkat dalam bisnis, antara lain :
·         Kejahatan dipenipuan semakin marak di jejaring sosial
·         Koneksi internet terganggu sehingga menyebabkan pemasaran tidak lancar
·         Produk tidak sesuai keinginan konsumen

Itulah sedikit ulasan tentang makalah tersebut.
untuk lebih jelasnya bisa kalian download dengan format DOC.DISINI!!

Trimakasih wasalamualaikum Wr.Wb.


 

No comments:

Post a Comment