Imam Hasanuddin (Contac Person +62823 - 3132 - 0823

My photo
lumajang, lumajang/jawa timur, Indonesia
STIE WIDYAGAMA LUMAJANG

Tuesday 14 July 2020

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)Q


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen yang mengumpulkan, mengklarifikasi, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah Sistem Informasi.

Karakteristik SIA yang membedakan dengan subsistem CBIS lainnya :
Ø  SIA melaksanakn tugas yang diperlukan
Ø  Berpegangan pada prosedur yang relatif standar
Ø  Menangani data rinci
Ø  Berfokus historis
Ø  Menyadiakan informasi pemecahan minimal


Fungsi penting yang dibentuk oleh SIA pada sebuah organisasi antara lain :
·         Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi
·         Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan
·         Melekukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi
Subsistam SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secar langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan. Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem :
§  Sistem pemrosesan transaksi, mendukung proses operasi bisnis harian
§  Sistem buku besar/pelaporan keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak
§  Sistem laporan manajemen, yang menyadiakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban

Sebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai dengan cara :
1.      Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien
2.      Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
3.      Meningkatkan efisiensi
4.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
5.      Meningkatkan sharing knowledge
6.      Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan


Adapun kerangka kerja sistem informasi dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu : Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menengani segala sesuatu yang berkenaan dengan akuntansi.

Berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa, namun diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya adalah :
Ø  SIA mengumpulka,  mengklarifikasi, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan
Ø  SIM  mengumpulkan, mengklarifikasi, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

2 Komponen Sistem Informasi Akuntansi antara lain :
Ø  Spesialis informas
Ø  Akuntan
Contoh Sistem Informasi Akuntansi sebagai pusat informasi perusahaan :
·         Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut
·         Bagian SIA memproyeksi perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran.

TI mengkinkan organisasi mengumpulkan sejumlah informasi mengenai karyawan dengan mudah. Kelompok kami telah mendiskusikan isu-isu berikut ini :
1.      Sejauh mana sebaiknya manajemen memonitor email karyawan ?
Jawab : Penting dan sangat diperlukan untuk menunjang kinerja para karyawan dalam melaksanakan tugasnya lalu dapat mempermudah dalam pelaksanaan pengawasan pekerja, dimana kaeyawan bisa mengirim laporan-laporan melalui email.

2.      Sejauh mana sebainya manajemen memonitor situs yang dikunjungi karyawan ?
Jawab : Mnajemen seharusnya mengawasi web yang dikujungi karyawan dengan mesin pencari informasi web (web search engine spam) atau dengan melihat history di web tersebut.

3.      Sejauh mana manajemen sebainya memonitor kinerja karyawan, contohnya dengan menggunakan perangkat lunak untuk melacak keystokes per jam ?
Jawab : Key Performance Indicators ( Kpi) digunakan untuk mengelola kinerja pegawai termasuk didalamnya tentang reward sistem (bonus, gaji, insentif, dll) . kinerja unit ini di ukur dalam periode waktu yang konstan. Periode pengukuran bisa tiap bulan, atau tiap 4 bulan  agar bisa diketahui unit yang kinerjanya buruk dan unit yang kinerjanya baik. Penyebab rendahnya pencapaian Kpi juga harus segera di identifikasi. Identifikasi ini penting agar kinerja diperiode mendatang bisa diperbaiki.

4.      Haruskah perusahaan menggunakan perangkat lunak secara elektronik untuk melacak semua email ?
Jawab : Tidak perlu, karena jejak email sangat mudah dihapus dan sulituntuk mengetaui jejaknya.
5.      Dalam kondisi apa dan siapa yang tepat dalam perusahaan untuk mendistribusikan informasi yang dikumpulkan terkait orang yang mengunjungi situsnya ?
Jawab : Dalam situasi perusahaan sedang melakukan promosi atau memberikan informasi-informasi tentang perusahaan dan informasi diberikan kepada karyawan dan pengunjung website.

Itulah sedikit ulasan tentang makalah tersebut.
untuk lebih jelasnya bisa kalian download dengan format DOC.DISINI!!

Trimakasih wasalamualaikum Wr.Wb.



No comments:

Post a Comment